Senin, 23 Desember 2013

Nama              : Siti Khoeriyah
No / Kelas       : 31/ XI IPA 1
Resensi novel
Judul buku                  :  and the montains echoed
Penulis                        : Khalled Hosseini
Penerbit                      : qanita pt mizan pustaka
Tahun pertama terbit   : Juli 2013
Tebal                          :  512 halaman
            Buku ini mengisahkan tentang kakak beradik yang saling menyayangi. Sang kakak bernama Abdullah dan sang adik bernama Pari. Abdullah bagaikan ayah Pari semenjak ibu mereka meninggal dunia dan ayah nya mempunyai istri lagi.
            Suatu hari ayah mereka menjual Pari kepada majikan dari paman tiri Abdullah yang tinggal di kota besar berama Nabi . Perpisahan yang menyakitkkan itu pun terjadi , kemudian Pari menjalani kehidupan nya sebagai putri keluarga kaya ( tuan dan nyonya Wahdati ) dan melupakan masa lalu nya . Pedatangan Pari mejadikan hubungan pasangan tersebut harmonis. sampai suatu hari tuan Wahdati terkena struk .Semua kebutuhan nya di urusi oleh Nabi , tapi saat itu nyonya Wahdati meninggalkan suaminya dan mengajak Pari pergi bersama nya ke Paris , karena ia sakit hati kepada suami nya yang  terrnyata mencintai Nabi  .
            Di Paris Pari hanya tinggal bersama ibu Wahdati tapi akhirnya ibunya menininggal karena bunuh diri . Ibunya yang pemabuk dan suka bergonta ganti pasangan membuat kehidupannya suram untuk beberapa saat , tapi kemudian Pari tinggal bersama temannya . Beberapa tahun kemudian ia menikah dengan Erik dan mempunyai 3 anak  pada saat itu  Pari menjadi profesor termuda . Tak bertahan lama setelah kelahiran anak ke tiganya , Erik meninggal dunia , ia membesarkan anak-anak nya sendiri sampai mereka mempunyai keluarga masing –masing .Tiba-tiba ia teringat akan masa lalu nya dan seorang dari Afganistan memberitahu tentang hal tersebut .  Orang tersebu mendapat titipan dari Nabi yang isi nya tentang masa lalu Pari , apa yang terjadi pada nya , keluarga kandung dan keluarga angkat , dan pelimpahan warisan ayah angkatnya .
            Ingatan dari masa lalu nya pun muncul dan ia  mulai mencari keluarga nya , akhirnya ia bertemu dengan kakak nya Abdullah tapi kakak nya menderita depresi dan kehilangan sebagian ingatan nya tapi kehadiran anak Abdullah yang juga di beri nama Pari bisa mengobati rasa rindu nya kepada semua keluarga pada masa lalu nya . Mereka berdua dan semua anak Pari akan tinggal bersama  .
            Kelebihan dari novel ini dari segi bahasanya yang lugas dan perasaan yang dalam dan banyak mengandung teka – teki yang membuat penasaran . kekurangan nya,  terlalu banyak tokoh yang terlibat  , sehingga dalam membaca novel ini butuh ingatan yang cukup tajam  , dan terlalu kompleks.
 Perjuangan hidup di pedalaman Afganistan dan ceritanya sangat menyentuh terdapat dalam novel ini betapa takdir bisa melakukan segalanya walaupun itu tidak di kehendaki kita. Kisah ini bisa menjadi koreksi bagi kita yang sudah mendapatkan apa yang kita inginkan dan kurang mensyukurinya .


( by siti khoeriyah )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design by FThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates
NewBloggerThemes.com