Sabtu, 17 Mei 2014

sosial budaya indonesia


kita  sebagai remaja nih,,, yang peduli ama kelangsungan negara kita harus tau budaya n lingkungan sosial kita
Nah ,,,, dengan alasan kaya gitu  pd diskusi kali ini q mw ngangkat tema
Sosial budaya di Indonesia
Sebelum langsung k inti temanya kita kenalan dulu ama sosial n budaya
Apa sih sosial ? apa sih budaya?
Sosial dalam arti masyarakat atau kemasyarakatan berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem hidup bersama dalam masyarakat Sedangkan budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
So,,, kalo di gabungin nih temen-temen sosial budaya adalah sekelompok masyarakat yang bekerja bersama-sama dan saling mendukung untuk mencapai tujuan hidup dalam bermasyarakat.
- Pengaruh manusia dan kebudayaannya dalam sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, maksudnya bahwa walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan, dan setelah kebudayaan tercipta maka kebudayaan mengatur hidup manusia agar sesuai dengannya. Tampak bahwa keduanya akhirnya merupakan satu kesatuan. 
Budaya yang dikembangkan oleh manusia akan berimplikasi pada lingkungan tempat kebudayaan itu berkembang. Suatu kebudayaan memancarkan suatu ciri khas dari masyarakatnya yang tampak dari luar. Dengan menganalisis pengaruh akibat budaya terhadap lingkungan seseorang dapat mengetahui, mengapa di sebuah lingkungan tertentu akan berbeda kebiasaanya dengan lingkungan lainnya dan mengasilkan kebudayaan yang berbeda pula.

Penyebab keberagaman budaya
§  perbedaan ras asal, 

Ras itu sendiri merupakan penggolongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik rumpun bangsa. Sedangkan, Suku Bangsa merupakan kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan khususnya bahasa.
§  perbedaan lingkungan geografis,
§  perbedaan latar belakang sejarah,
§  perkembangan daerah,
§  perbedaan agama atau kepercayaan, dan
§  kemampuan adaptasi atau menyesuaikan diri.

Untuk perkembangan nya sendiri sosial budaya di Indonesia di warnai banyak lika liku mulai dari zaman kerajaan hindu buda sampe islam masuk dan masih mempertahankan budayanya dilanjutin ama penjajah  dan sosial budaya masih tetap bertahan 
tapi sekarang budaya di Indonesia mulai terkikis di susul dengan masuknya budaya barat dan korea yang menyebabkan remaja tidaklagi melestarikan budaya

1 komentar:

Design by FThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates
NewBloggerThemes.com