no
|
Pembeda
|
Hikayat bayan budiman
|
|
1
|
Tokoh dan penjelasan nya
|
-khoja mubarok : seorag saudagar
Bukti:“khoja mubarok seoranng saudagar kaya di negri yang bernama ajam . “ paragraf 1
-khoja maimun : perhatian / peduli
kepada istrinya .
Bukti : “khoja maimun telah membeli
dua ekor burung sebagai peneman bagi istrinya sepeninggalan beliau pergi
berlayar “ paragraf 2
-bibi zainab : tidak setia dan gampang
marah
Bukti “ sejak hari itu bibi zainab
telah jatuh birahi terhadap putra raja .“ paragraf 3
-burung betina
-burung bayan : cerdik
Bukti “ burug bayan tidak melarang
jutru malah menyuruh bibi zaiab meneruskan rencananya itu , tetepi dia
berjaya menarik perhatian serta melalaikan bibi zainab dengan cerita-cerita
nya . paragraf 5
|
-harun : seorang yang keterbelakangan
mental
Bukti “saat semua sedang gelisah
datanglah harun , yang keterbelakangan mental “.
Paragraf 2
-bu muslimah : pengertian
Bukti “Bu Mus yang meupakan guru
terbaik yang mereka milikilah yang telah memberikan nama tersebut untuk
mereka. Karena bu Mus tahu mereka semua sangat menyukai pelangi.
Paragrap 3
-lintang : cerdas dan rajin
Bukti “Lintang merupakan murid yang
sangat cerdas” . paragrap 7
“sampai pertaruhan nyawa Lintang yang
mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah”. Paragrap 3
Mahar : kreatif
Bukti “Kejadian tentang Mahar yang
akhirnya mnemukan ide untuk perlombaan semacam karnaval
Ikal :cerdas
Bukti “. Ikal dapat menantang
dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah dan
terkenal, dengan jawabannya yang membuat ia memenangkan lomba cerdas
cermat.
Flo : nakal
Bukti “. Sejak kedatangan Flo di SD
Muhammadiyah tersebut yang membawa pengaruh buruk bagi teman-temannya terutama
Mahar, yang duduk satu bangku dengan Flo .”
Sahara, A Kiong, Syahdan, Kucai,
Borek, Trapani , a ling
|
2
|
Tokoh protagonis dan antagonis
|
-(protagonis) burung bayan dan burung
tiur
Karena mereka mencegah dan menasehati
bibi zainab agar tidak menghianati suaminya
-(antagonis) bibi zainab karena dia ingin menghianati suaminya dan tidak
bisa di nasihati oleh burung tiur malah membunuhnya .
|
-(protgonis) anggota laskar pelangi
dan bu mus , karena semangat belajar dan mengajar supaya dapat mencapai
cita-cita yang tinggi
-(antagonis) flo , karena memberi
pengaruh buruk kepada anggota laskar
pelangi terutama mahar
|
3
|
Amanat
|
Hikayat tersebut mengingatkan kita
agar saling menasehati jikalau ada yang berbuat kesaahan .
|
- Bekerja keras dalam belajat untuk
menggapai cita – cita
-bukan karena fasilitas yang menunjang
yang akhirnya dapat membuat seseorang sukses maupun pintar, namun kemauan dan
kerja keraslah yang dapat mengabulkan setiap impian.
|
4
|
Bukti hikayat bersifat istanasentris
dan sinopsis novel seperti kehidupan dalam masyarakat
|
“semasa duduk termenung di tingkap ,seorang
anak raja lalu di hadapan rumah nya “.
|
sejak kedatangan Flo di SD
Muhammadiyah tersebut yang membawa pengaruh buruk bagi teman-temannya
terutama Mahar, yang duduk satu bangku dengan Flo”
alasan : teman dekat memberi pengaruh
paling banyak . jika teman tersebut berprilaku baik maka kita biasanya
terbawa berprilaku baik , begitupun sebalik nya
|
5
|
Burung bayan dalam hikayat dan lintang dalam sinopsis novel mewakili
golongan sosial ?
|
Budak
Menuruti perintah majikannya dan
menjagakeharmonisan rumahtangga tuannya.
|
Rakyat tidak mampu
Karena tinggal di daerah terpencil
dengan akses jalan yang susah
|
Kedua cerita di atas sangat penting bagi
generasi sekarang . dari segi amanat keduanya yang menunjukkan sifat cerdas dan
tidak pantang menyerah di tunjukkan pada
tokoh lintang dan kawan – kawan nya dalam sinopsis novel dan burung bayan dalam
hikayat
Dari
bahasa yang di gunakan sinopsis lebih mudah di pahami , tapi dari bahasa nya
yang unik tersebut membuat hikayat lebih menarik .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar