Sabtu, 14 Februari 2015

meraba indonesia



Judul buku      : Meraba Indonesia
 Pengarang       : Ahmad Yunus
Penerbit           : Serambi
            Perjalanan mengelilingi Indonesia yang di lakukan oleh dua wartawan bernama Farid Gaban dan Ahmad Yunus dalam rangka untuk mengekspose segala kekayaan yang Indonesia miliki. Indonesia yang merupakan Negara kepulauan dengan beraneka ragam budaya dan kekayaan alam yang melimpah. tapi, semua yang Indonesia miliki tidak membantu kesejahteraan rakyatnya bahkan mengakibatkan kesengsaraan dan masalah bertumpuk. Penjajahan belanda merupakan salah satu penyebab dari beberapa masalah Indonesia zaman sekarang. Salah satunya adalah terpusatnya segala sesuatu di pulau jawa yang mengakibatkan tidak meratanya pembangunan ekonomi sosial maupun budayanya. Pembangunan–pembangunan belanda yang hanya mementingkan keuntungannya semata dan tidak memikirkan akan nasib Negara jajahannya di masa depan. Beda halnya dengan inggris yang membangun wilayah jajahannya dengan memikirkan masa depan dan potensi daerah jajahannya sehingga sekarang Negara jajahannya menjadi Negara yang sangat maju seperti halnya Amerika serikat dan Singapura.
            Perjalanan itu di lakukan dengan hanya berbekal alat-alat sederhana dan hanya mengandalkan sepeda motor dengan cc rendah. Banyak pengalaman yang mereka dapatkan dari pejalanan ekspedisi ini , menilik Indonesia yang tak terjangkau oleh tangan pemerintah yang masih terjaga keasriannya.
            Dimulai dari Sumatra, kemudian lanjut ke pulau Kalimantan papua dan kembali lagi ke jawa. Di Sumatra, perjalanan yang kadang tidak di dukung oleh akses jalan dan kebanyakan masih berupa tanah bebatuan membuat perjalanan mereka semakin melelahkan. Tapi semua itu terobati ketika mereka melihat pemandangan alam Indonesia yang sangat menakjubkan baik darat maupun lautnya.
Banyak sekali pulau yang tidak dikenal oleh masyarak Indonesia sendiri sebagai bagian dari Negri ini. Salah satunya adalah pulau Enggano yang dulunya pernah di singgahi Portugis. Portugis awalnya mengira pulau tersebut adalah Maluku , si pulau dengan penghasil rempah-rempah tapi setelah mengelilingi nya mereka baru menyadari bahwa mereka keliru. Kebutuhan pokok di pulau ini sangat mahal karena di pasok dari Bengkulu. Di sini terdapat rumah sakit, tapi rumah sakit tersebut terletak di tengah hutan sehingga rumah sakit tersebut tidak terawatt dan terbengkalai. Itulah salah satu nasib dari pulau terluar Indonesia.
Perjalanan terus berlanjut ke pulau-pulau lain. Mampir di suku mentawai yang terkenal dengan budaya tattoo nya, Tattoo merupaka tanda dewasa bagi anak laki-laki suku mentawai. Selain di kenal dengan tattoo nya. 60 % hewan di  pulai ini merupakan hewan endemik. Tapi, banyak dari mereka yang malah di perjual belikan secara illegal.
Dari Perjalanan ini tidak hanya ditemui kebudayaan-kebudayaan unik, tempat-tempat yang indah, satwa langka tapi juga tempat-tempat bersejarah , seperti saat di Bukit tinggi mereka menemukan rumah Tan Malaka, hatta , syafruddin, dan mereka menginap di rumah Tan malaka.
 Lanjut ke Kalimantan yang merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Tapi di pulau ini keadaan cukup menegangkan ketika musim kemarau karena kebakaran mudah terjadi dan menjalar dengan cepat. Karena sebagian besar hutan di Kalimantan telah berubah menjadi perkebunana sawit. Suku dayak yang merupakan suku asli Kalimantan yang berada di desa masih menjaga keasrian hutannya, karena bagi mereka hutan memberikan kehidupan. Setelah mengenal beberapa budaya dan tempat di Kaliantan, kemudian perjalanan mereka berlanjut menuju Ketapang. Ketapang adalah pulau yang mempunyai hutan yang lebat dan aliran sungai yang deras, juga kebun kelapa sawit yang luas pula. Saat di pulau ini, mereka hampr tersesat di perkebunan sawit karena selama 6 jam berkendara kanan kiri hanya di jumpai pohon sawi. Tapi, pada akhir nya mereka menemukan jalan ber aspal dan keluar dari kebun sawit tersebut.
Miangas merupaka pulau yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Filipina. Pulau ini salah satu pulau yang terbengkalai. Pernah di rencanakan pembangunan bandara di pulau ini hingga masyarakat rela melepas tanahnya, tapi pembangunan tersebut hanyalah rencana belaka dan tidak ada hasilnya, selain itu banyak bangunan yang di bangun oleh pemerintah hanya terbengkalai dan dan rusak. Ekonomi di pulau ini menjadi lumpuh semenjak ada isu bahwa terdapat teroris dari Filipina dan Miangas menjadi jalur dari teroris tersebut. Banyak kenyataan yang mereka ketahui dari ekspedisi mengelilingi Indonesia ini.
            Raja ampat papua, merupakan kepulauan yang terdiri dari 600 pulau dan papua merupakan pulau terbesar ke dua setelah Greenland. Pulau ini merupakan pulau yang mengandung cukup banyak misteri terutama di pulau-pulau kecil di sekitar nya. Budaya yang masih kental membuat pengetahuan mereka tentan Indonesia semakin bertabah.
            Terakhir, Farid dan Yunus kembali ke pulau jawa. Mereka mengunjungi tempat meluapnya lumpur lapindo karena penasaran akan hal tersebut. Kejadian yang menyengsarakan banyak orang dan seakan membunuh kehidupan di sidoarjo.
            Perjalanan mereka berlangsung selama satu tahun penuh dengan mengendarai sepeda motor. Dengan perjalanan mereka banyak cerita-cerita yang di dapat dari orang-orang yang mereka wawancarai dan itu semua di tulis farid dan terbitlah buku tentang perjalanan nya yang menakjubkan tentang Indonesia ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design by FThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates
NewBloggerThemes.com